Kembangkan Hidroponik dan Aquaponik untuk latih Kewirausahaan Anak

Dalam rangka memberikan bekal keterampilan tambahan kepada semua anak-anak di lingkungan Sekolah AMEC (Al-Ma’mun Education Center), mulai TK, SDIT, SMPIT dan SMK, kini telah disiapkan rak laboratorium hidroponik di halaman belakang AMEC 2 dan bagian depan halaman AMEC 1.

Kegiatan bidang kewirausahaan ini, secara konsepsional termasuk dalam kurikulum muatan lokal yang masih dalam pematangan konsepnya dan masuk dalam Mata Pelajaran terkait, seperti Mapel Kewirausahaan dan SBK.

Pemilihan sistem aquaponik dan hidroponik sebagai salah satu unggulan pelatihan untuk anak-anak, karena media ini tidak memerlukan keiatan fisik yang besar, seperti macul untuk pengolahan lahan, penyiraman rutin, pemupukan secara langsung di lapangan, karena sistem ini, menggunakan air dalam jaringan dan menggunakan teknologi mesin air, sehingga tidak ada kegiatan kotor-kotoran tanah selama berkebun.

sejak diperkenalkan kepada peserta didik, anak-anak sangat antusias dan riang gembira ikut menanam dan meletakannya di lubang-lubang paralon jaringan hidroponik. dan kegiatan ini sama sekali tidak mengganggu kesibukan anak-anak belajar. Termasuk kegiatan santri para penghafal al-Qur’an akan ikut serta menanam dan merawatnya, bahkan sampai memetik hasilnya untuk dimasak keperluan sehari-hari di pondok pesantren ini.

Selain mudah untuk penanaman dan perawatan, hasilnya pun sangat bagus, karena bisa dipanen kapan saja manakala sudah waktunya, tidak tergantung cuaca musim panas atau musim hujan. lahannya pun bisa ditempatkan di beberapa lokasi yang strategis, mudah dijangkau anak-anak.

Hasil panen Hidroponik, saat ini sangat digemari oleh masyarakat yang merindukan sumber makanan sehat, seperti sayuran sehat, karena selama penanaman dan perawatan tidak menggunakan pupuk kimia dan pestisida. untuk nutirisi tanaman sayuran menggunakan air kolam ikan dan air buangan AC yang berada di lingkungan sekolah.

Rak Hidroponik di komleks AMEC 2, didesain untuk tempat belajar menanam dan merawat tanaman hidroponik

Peserta didik SDIT AMEC riang gembira merawat tanaman sayuran hidroponik

Peserta didik TKIT AMEC dilatih menanam dan merawat sayuran aquaponik dan hidroponik

 

 

SHARE THIS POST

Leave Comments